6 pilihan PELUANG USAHA KERAJINAN KERTAS BEKAS


peluang usaha
kapal kertas

PELUANG USAHA, Indonesia memiliki kekayaan alam yang melimpah. Dan kekayaan alam itu menghasilkan berbagai bahan yang bisa digunakan manusia untuk dimanfaat sebagai kebutuhan sehari-hari, peluang usaha, kebutuhan rumah tangga dan kebutuhan lainya. Kekayaan yang melimpah ini dilihat oleh masyarakat sebagai peluang usaha untuk menunjang perekonomian dan kebutuhan sehari-hari. Maka tidak jarang banyak orang orang dari negara asing yang berbondong-bondong memperebutkan untuk mengeruk kekayaan alam indonesia ini. Kita harus menjaga kekayaan alam ini supaya tidak cepat habis. Tetap ada peluang usaha yang bisa dijalankan selain mengandalkan bahan dari alam. Bisa saja menggunakan barang-barang bekas seperti botol bekas, plastik bekas, kertas bekas, sampah bekas bungkus makanan dan masih banyak lagi peluang usaha yang bisa dilakukan untuk membuat suatu karya tanpa harus mengambil kekayaan alam secara berlebihan.
  Usaha atau membuat kerajinan dari barang bekas sekarang sudah banyak dikembangkan untuk mengurangi volume sampah yang ada dunia dan juga terlihat menjadi peluang usaha. Jika barang-barang bekas seperti plastik, sedotan, botol bekas air minum, kertas bekas dipegang oleh seseorang yang memiliki tangan yang ulet dan mahir dalam membuat kreasi dan berimajinasi tinggi maka akan membuat peluang usaha bagi pemegang bahan tersebut. Tetapi juag tidak menutup kemungkinan untuk orang yang tidak memiliki keahlian dibidang tersebut untuk ingin berkarya dengan bahan-bahan bekas.
Berikut akan kami sajikan cara untuk membuat kerajinan dari bahan kertas bekas yang bisa menjadi peluang usaha.
Bahan Utama
1.     Kertas bekas
2.     Gunting / cutter
3.     Lem
4.     Bahan pelengkap seperti sepidol, pensil warna, manik-manik, penghias lainya

#1 TULISAN DI PANGGUNG / PINTU MASUK

Ide kerajinan yang pertama adalah hiasan dinding dari kertas bekas yang biasanya dibuat untuk nama kegiatan, nama mempelai, nama tokoh-tokoh terbaik dan yang lainya. Berikut hal yang bisa anda coba untuk membuat sebuah tulisan di dinding atau di pintu masuk.
a.     Siapkan kertas bekas dan kertas pelangi
b.     Lipat-lipat kertas bekas sampai hampir membentuk seperti ini


c.      Satukan bagiang ujung kertas hingga terbentuk seperti lingkaran
d.     Setelah lingkaran jadi, silahkan potong kertas pelangi dan bentuk sebuah lingkaran
e.     Silahkan tulislah masing-masing 1 huruf 1 kertas pelangi hingga terbenntuk tulisan selamat datang
f.       Tempelkan kertas pelangi di atas kertas bekas yang sudah dilipat tadi
g.     Setelash di tempelkan tinggal dipasang di dinding menggunakan lem dan tambah hiasan-hiasan lainya.

#2 FRAME / FIGURA FOTO

 

Untuk foto seseorang biasanya akan diberikan bingkai dan hiasan hingga terlihat indah. Tidaklah bagus jika foto sudah terlihat indah tapi framenya hanya biasa-biasa saja. Berikut akan kami rangkumkan bagaimana cara membuat frame foto menggunakan kertas bekas yang bisa menjadi peluang usaha ataua awal sebelum memulai usaha desain frame fotot.
a.     Siapkan kertas bekas dan kardus bekas kertas warna warni.
b.     Potong kardus berbentuk segi empat sesuai dengan foto yang akan anda kasih frame
c.      buatlah pola menggunakan kertas warna warni seperti lingkaran, bintang, bulan sabit, hati, dan lainya
d.     buat juga kertas berbentuk segi empat dengan lebar yang sama seperti kardus tadi
e.     lubangi bagian tengah kertas sekiranya bisa digunakan untuk menempatkan foto
f.       tempelkan pola yang sudah dibuat tadi dengan menggunakan lem di kertas yang sudah dilubangi tengahnya
g.     tempelkan bagian yang sudah disatukan tadi di kardus yang sudah di potong segi dan lem dibagian kanan,kiri dan bawah saja
h.     setelah semua tahap diatas dilakukan silahkan masukan foto kedalam frame yang sudah jadi
i.        tempelkan frame di didinding

#3 TAS JINJING

Tas jinjing pada dasarnya sama denga tas dari bahan plastik. Untuk penggunaanya janganlah berlebihan karena terbuat dari bahan kertas maka akan lebih rentan dan mudah rusak. Kalo dari kami menyarankan untuk penggunaan tas jinjing ini adalah digunakan untuk membawa bahan-bahan ringan seperti plastik dan bahan-bahan ringan lainya

#4 ALAS TEMPAT TISU

Dengan melilit kertas bekas hingga sepanjang mungkin lalu di lingkarkansampai berbentuk bulat seperti obat nyamuk dan sampai ukuran tertentu maka kertas akan bisa digunakan untuk alas tempat tisu, alas toples makanan, alas gelas minum dan yang lainya.
selain membuat kerajinan dari bahan kertas bekas yang secara utuh. Di sisni juga akan kami berikan beerapa cara membuat kreasi dari kertas bekas akan tetapi kertas ini dibuat menjadi bubur atau dihancurkan terlebih dahulu menggunakan air. Dan ini juga bisa memberikan peluang usaha bagi anda jika anda bisa melakukan dengan bersungguh-sungguh dan serius.

#5 KERAJINAN BUBUR KERTAS

 

a.     siapakan kertas bekas misalnya, tisu, koran, dan yang lainya
b.     Robek kertas atau gunting hingga menjadi pototngan kecil
c.      Masukan kertas potongan kedalam baskom
d.     Siram dengan air hangat
e.     Masukan 1 sendok teh garam (untuk menghindarkan kertas menjadi busuk)
f.       Diamkan potongan kertas selama 2 hari hingga menjadi lunak
g.     Setelah kertas menjadi lunak saring menggunakan kain (pori-pori beesar)
h.     Buang air perasan kertas dan masukan pototngan kertasnya kebaskom lagi
i.        Remas-remas hingga hancur dan jika sulit bisa tambah sedikit air
j.       Buat larutan pasta dengan menambah 2 sendok makan tepung kanji dengan air secukupnya
k.     Campur adonan kertas dengan larutan pasta
l.        Remas-remas hingga tercampur dan didapat adonan bubur
m.  Silahkan buat kreasi apa yang anda inginkan
n.     Saran untuk pemula sebelum membuat kreasi dengan bubur kertas bekas akan lebih mudah jika belajar menggunakan gambara yang sudah di blat

#6 UNTUK MAINAN

Di poin kali ini kita bisa menggunakan kertas bekas sebagai bahan berkreasi untuk membuat sebuah mainan atau hiasan yang memiliki nilai harga jual tinggi dan bisa untuk peluang usaha anda. Anda bisa mengkreasikan kertas bekas hingga membentuk sebuah mainan anak-anak seperti motor antik, sepeda antik, mobil-mobilan, tempat tisu, dsn masih banyak lagi hal yang perlu anda coba sebagai peluang usaha.

FUNGSI PRODUK KERAJINAN

Fungsi dari masing-masing produk kerajinan sangatlah banyak akan tetapi yang perlu anda perhatikan adalah kerajinan sebagai bahan pakai dan kerajinan sebagai bahan hias atau barang hias. Maka disini akan bisa memikirkan dan memepersiapkan semua barang yang akan digunakan atau dipakai untuk hiasan sebanyak mungkin. Karena akan ada banyak pelanggan yang akan mencari dan memakai produk-produk yang telah anda buat dan merupakan peluang usaha untuk anda.

2 komentar:

Unknown said...

Wahhh menginspirasi juga nih artikel nya.. nice gan

s a y said...

iya mas kami cuman mau berbagi informasi untuk semuanya. semoga bisa lebih dimudahkan lagi. baca juga informasi yang lain yang tidak kalah menarik