Ini INFO Manfaat Buah Pepaya untuk kesehatan Dari Ujung Pohon Hingga Akarnya

Ini info manfaat buah pepaya untuk kesehatan dari ujung pohon hingga akar, selamat datang bagi kamu yang sudah berkunjung pada laman TIPS DAN INFO SAY dan kami ucapkan banyak terimakasih, Kali ini akan kita bahas tentang manfaat buah pepaya untuk kesehatan.

Ini manfaat buah pepaya ( Carica papaya L. ) atau masyarakat jawa biasa menyebutnya dengan sebutan kates. Tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara amerika selatan, sekarang menyebar di daerah tropis dan tumbuh di dataran rendah hingga ketinggian 1000 mdpl. Pepaya adalah satu-satunya jenis genus Carica. Di Indonesia pepaya sangatlah tidak asing, hampir di setiap daerah terdapat buah pepaya karena memang manfaat buah pepaya sangatlah banyak sekali. Dari buahnya, daun dan bunganya pun memiliki banyak sekali manfaat buah pepaya ini yang bisa digunakan untuk kehidupan sehari-hari. Di masing-masing daerah, pepaya memiliki sebutan berbeda di mulai ari kates (Jawa), gedang (Sunda), peute, betik, ralempaya, punti kayu, (Sumatera), pisang malaka, bandas, manjan (Kalimantan), kalujawa, padu (NusaTenggara), kapalay, kaliki, unti jawa (Sulawesi). Dan dalam bahasa (Inggris) papaya, dalam bahasa (Arab) biabaya. Bagaimana sebutan pepaya untuk daerahmu? baca juga manfaat buah pepaya yang ada dibawah ya.
manfaat buah pepaya
pohon pepaya

CIRI-CIRI PEPAYA

Pohon pepaya tidak bercabang, bentuk batangnya bulat, terdapat tonjolan bekas tangkai daun yang sudah rontok.daunya terkumpul di ujung batang yang atas, buah pepaya berbentuk bulat hingga memanjang (tergantung jenisnya), buah pepaya muda berbentuk bulat dan buah pepaya yang sudah tua berbentuk kuning keorenan atau jingga, beringga besar ditengahnya dan didalam buahnya terdapat biji yang berwarna hitam di selimuti lapisan tipis.

KANDUNGAN

Daun   : Enzim papain, alkaloid karpaiana, pseudo karpaiana, glikosid, karposid dan saponin

Buah   : Beta Karotene, pectin, d-galaktosa, l-arabinosa, papin, papayotimin papain, vitokinose

Biji      : Glucoside cacirirn, karpain.

Getah  : Papain, Kemokapain, lisosim, lipase, glutamin, siklotransferase

KHASIAT UNTUK KESEHATAN

Manfaat buah pepaya untuk kesehatan sangatlah banyak sekali, tidak hanya buahnya saja akan tetapi keseluruhan dari ujung hingga akar bahkan bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia

#1 Daun buah pepaya sangatlah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita dan bisa mengobati berbagai penyakit salah satunya 

adalah

     >Mengobati malaria dan demam. Petik daun pepaya muda dan tumbuk hingga menjadi setengah gelas, tambahkan air 250 ml, tambahkan garam sepucuk sendok, peraslah campuran lalu saring. Minumlah 3 kali sehari sampai penyakit sembuh.
    
 >Menambah setamina. Petiklah daun pepaya yang muda, ambil bagian daunya dan tinggalkan tulangnya, cuci hingga bersih, rebus daun dengan air sebanyak 500 ml, setelah mendidih ambil air rebusan dan minum setiap pagi atau sore untuk menambah setamina.


#2 Buah pepaya yang sangat lezat dan enak ternyata memiliki sejuta manfaat, berikut manfaat buah pepaya yang harus diketahui oleh banyak orang

    
     >Mengobati kulit melepuh karena panas. Potong-potong buah pepaya, parut buah pepaya yang sudah dipotong, oleskan ke bagian yang terkena panas, diamkan sehari semalam.
     >Memperlancar pencernaan. Untuk memperlancar pencernaan bagi orang yang susah buang air ataupun untuk menjaga kesehatan pencernaan akan lebih baik untuk memakan pepaya atau kates ini dengan rutin dan terutama sebelum makan.

#3 Biji dari buah pepaya ternya memiliki manfaat yang mengejutkan dan juga tidak diketahui oleh banyak orang, silahkan baca ulasanya dibawah ni

    
     >Membunuh cacing gelang dalam perut. Sediakan biji pepaya sebanyak 2 sendok makan, tumbuk hingga halus dan seduh dengan air panas kurang lebih 250 ml, tambahkan madu sebanyak 1 sendok makan dan minum hingga habis.

#4 Bunga dari pohon pepaya juga memiliki peranan penting untuk kesehatan manusia

    
     >Memperbaiki nafsu makan. Untuk memperbaiki nafsu makan anak, masyarakat indonesia khususnya di jawa menggunakan bunga dari pohon pepaya ini. Biasanya dibuat untuk osengan yang lezat sehingga meningkatkan nafsu makan.
    >Mengobati diabetes. Bunga pepaya dipercaya dapat menurunkan insulin dalam tubuh yang menjadi penyebab utama seseorang mendapatkan penyakit diabetes, dan cara mengkonsumsinya juga sama dengan dibuat oseng-oseng atau tumis.

#5 Akar dari pohon pepaya juga tidak kalah besar manfaatnya dari bagian pohon yang lain, simak ulasanya dibawah ini


     >Mengobati gigitan ular berbisa. Ambilah 5 jari akar pohon pepaya, bersihkan akar pohon pepaya dengan menggunakan air hingga bersih, tumbuklah akar pohon pepaya hingga halus, tempelkan hasil tumbukan dari akar pohon pepaya kebagian yang digigit ular, gunakan pada sat pagi hari dan ganti dengan yang baru pada sore hari. baca juga,

BACA JUGA
     -lumut untuk mengobati gigitan ular berbisa

MANFAAT BUAH PEPAYA UNTUK KECANTIKAN

pepaya juga memiliki manfaat untuk kecantikan, tak usah risau dan tak usah mahal-mahal untuk merawat diri. Cukup dengan menggunakan resep ramuan dari nenek moyang yang diwariskan kita dan harus dilestarikan 



# Mengangkat sel kulit mati. Caranya sangatlah mudah dengan cara haluskan buah pepaya dan campur dengan sedikit susu, gunakan sebagai masker wajah, lakukan pada saat malam hari dan hasilnya akan bagus.

# Merawat kulit yang sering terkena sinar matahari. Caranya sangatlah mudah dengan menggunakan pepaya yang sudah dihaluskan dan dicampur sedikit madu lalu di balurkan kebagian tubuh yang terkena sinar matahari dan akan mengembalikan kondisi kulit seperti semula.

BACA JUGA
-bawang putih untuk mengobati jerawat

OLAHAN PEPAYA

karena manfaat buah pepaya yang sangat banya maka menikmati buah pepaya untuk kesehatanmu bisa dicoba dengan cara membuat berbagai jenis olahan pepaya seperti jus pepaya dicampur dengan buah lain ataupun madu, rujak pepaya, tumis bunga pepaya, tumis daun pepaya,  pepaya muda biasa dibuat tumis ataupun sayaur dan jika ingin mendapatkanya tanpa susah payah bisa didapatkan di warung-warung atau tempat makan di daerah jawa. Selain itu juga masih banyak sekali oalahan pepaya yang bisa kamu coba untuk meningkatkan nafsu makan atau menambah gaiarh untuk memakan buah pepaya ini.

0 komentar: