Khasiat Bawang Putih untuk kesehatan Yang Harus Kamu Ketahui


Khasiat Bawang Putih untuk kesehatan Yang Harus Kamu Ketahui

 Khasiat Bawang Putih untuk Kesehatan Yang Harus Kamu Ketahui
Bawang putih adalah nama tanaman dari genus allium 
sekaligus nama dari umbi yang dihasilkan. Allium adalah 
genus yang meliputi macam-macam tumbuhan bunga 
monocotyledonus dan didalamnya termasuk bawang merah, 
bawang putih, bawang kucai, bawang daun, bawang bombai 
dan bawang prei. Bawang putih ini  merupakan bahan utama 
yang digunakan untuk dasar bumbu masakan di indonesia. 
Bawang putih selain menjadi bumbu dapur juga memiliki manfaat
yang sangat banyak sekali, bawang putih mentah penuh dengan
senyawa sulfur, termasuk zat kimia yang disebut allin 
yang membuat bawang putih mentah terasa getir atau angur 
selain itu juga masih banyak lagi yang perlu sama – sama kita ketahui

BERIKUT ULASAN DARI BEBERAPA Manfaat Bawang Putih  

A.   Bawang Putih Untuk Masakan

Bawang putih adalah bumbu dapur yang tidak akan di tinggalkan dalam kegiatan yang ada di dapur. Hampir semua masakan pasti menggunakan bawang putih sebagai pelezat rasa dari masakan tersebut. Meskipun bawang putih membuat masakn menjadi lebih lezat tetapi bawang putih juga meninggalkan bau yang sangat angur. Untuk mendapatkan manfaa maksimal dari menggunakan bawang putih sebagai bumbu masakan, berikut kami berikan beberapa tips untuk mengolah bawang putih untuk di jadikan sebagai bumbu masakan.

         


         »» Bumbu langsung
Ambil bawang putih secukupnya atau sesuai dengan kebutuhanmu, kupas bawang putih dari kulitnya, lalu cuci menggunakan air hingga bersih. Setelah itu campurkan bawang putih dengan bumbu lainya, untuk hasil dan rasa yang lebih maksimal nikmatnya jangan di blender maka bumbunya di ulek saja.

»» Bumbu Simpanan ( jangka lama )
Ambil bawang putih secukupnya, kupas bawang putih dari kulitnya 
lalu cuci hingga bersih, iris tipis-tipis bawang yang sudah di kupas 
dan di bersihkan, goreng bawang yang sudah di iris tipis hingga 
berubah menjadi coklat, setelah warnanya berubah silahkan di tiriskan 
sampai kering lalu masukan ke dalam toples / plastik. Bawang yang ini 
biasanya tahan hingga 1 bulan lebih, cara ini digunakan untuk persediaan 
bumbu bawang putih sebagai taburan masakan

Selain menjadi bumbu dapur, bawang putih juga memiliki kasiat yang sangat banyak yaitu salah satunya adalah sebagai obat dari beberapa penyakit. Maka mengkonsumsi bawang putih secara rutin akan memberikan banyak nutrisi kepada tubuh. Mengonsumsi bawang putih juga memberikan bau yang sangat angur tetapi di balik itu bawang putih memberikan manfaat dan mengobati beberapa penyakit seperti berikut.

BACA JUGA »» 
cara melepas krim dokter secara alami

     »» 1. Mengatasi Flu dengan Bawang putih
Bawang putih memiliki khasiat untuk mengatasi flu, ini adalah resep tradisional yang di berikan oleh para sesepuh dan nenek moyang. Tips mengolah bawang putih untuk di jadikan obat flu. Sediakan bawang putih dan bawang merah 1 biji ( kecil saja ) kupas keduanya dan cuci hingga bersih, rebus selama kurang lebih 10 menit dengan segelas air, ambil air rebusanya lalu minum. 

      »» 2. Mengobati Bisul dengan Bawang Putih
Bawang putih tidak hanya dikonsumsi saja, baik itu digunakan untuk obat maupun masakan, bawang putih juga bisa digunakan untuk mengobati bisul. Dengan cara cuci bawang putih hinngga bersih, 
iris bawang putih di bagian tengah ( sekira ada bagian yang bisa digunakan untuk pegangan ), setelah itu tempelkan kepada bisul hingga lama. Lakukakan hal tersebut
 sampai bisul sembuh.

»» 3. mencegah tekanan darah tinggi dan mengendalikan hipertensi dengan Bawang Putih
Kandungan polisulfida pada bawang putih mentah terbukti mampu mengendalikan tekanab darah tinggi bagi penderita penyakit hipertensi. Polisulfuda akan membantu melegakan dan membuka pembuluh darah supaya tidak menerima tekanan yang sangat besar.

»» 4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh dengan Bawang Putih
Selain mencegah berbagai penyakit yang ada di atas yang sudauh di jelaskan, mengkonsumsi bawang putih juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh dalam menangkal penyakit-penyakit lain yang disebabkan oleh virus jahat. dengan makan bawang putih secara teratur akan memberikan tubuh yang sehat dan bugar

»» 5. Mengatasi penyakit Asma dengan Bawang Putih
Untuk mendapatkan manfaat bawang putih untuk mengobati asma tidak terlalu sulit. Cukup kamu kombinasikan bawang putih yang sudah kamu haluskan terlebih dahulu dengan madu, dan usahakan menggunakan madu yang asli dari tawon liar.

Selain dari 5 hal yang telah di sebutkan di atas juga masih banyak lagi obat penyakit yang menggunakan bawang putih ini yang jarang di ketahui seperti obat batuk, radang amandel, asma,disentri, menurunkan resiko kangker, menurunkan kadar kolestrol, mencegah tekanan darah tinggi, mencegah penyakit jantung, meredakan infeksi dan masih banyak lagi manfaat dari bawang putih yang belum kita ketahui.

C.    Bawang Putih Untuk Kecantikan

Menurut para ahli kecantikan, bawang putih bagus untuk mengatasi jerawat, komedo, dan juga bisa digunakan untuk menghaluskan kulit wajah. Berikut beberapa tips yang akan kami berikan untuk anda cara menggunakan bawang untuk kecantikan
 
  »» 1. Mengobati Jerawat dan Darah Kotor dengan Bawang Putih
Jerawat di wajah membuat penampilan jadi kurang maximal
 apa lagi jerawat di wajah, sudah pasti anda mencari banyak cara 
untuk menghilangkan jerawat. Dengan menggunakan bawang putih 
anda bisa menggunakanya untuk menemukan solusi dari jerawat 
terutama yang ada pada di wajah dengan cara 
menyiapkan satu buah kecil bawang putih, kupas dan jangan lupa 
cuci hingga bersih, lalu tumbbuk hingga halus dan gunakan sebagai masker. Catatan : tidak semua kulit wajah cocok dengan metode ini.

     »» 2. Menghilangkan Bekas Luka dengan Bawang Putih
Bawang putih juga bisa digunakan untuk mengobatai atau menghilangkan bekas luka. Bekas luka juga mengurangi rasa percaya diri kita apalagi tempatnya di bagian-bagian yang terlihat terutama wajah. Jangan panik silahkan ambil bawang putih, kupas dan cuci hingga bersih dan iris bawang putih menjadi 2,  lalu usapkan pada bagian bekas luka yang ada, lakukan hal ini sampai bekas lukanya hilang, walau bekas lukanya tidak hilang seenggaknya menguranginya.
 Dan pada intinya bawang putih juga untuk jerawat dan kecantikan

»» 3. Tips menghilangkan Bau Mulut Akibat Bawang Putih Berbagai khasiat dan manfaat makan bawang putih sudah di sebutkan dan di ulas di atas walaupun belum lengkap sepenuhnya. Akan tetapi mengkonsumsi bawang putih menyebabkan bau mulut yang tidak sedap dan terkadang juga menngganggu aktivitas dan komunikasi menjadi kurang percaya diri. Kali ini akan kita berikan juga tips mengurangi bau mulut yang berbau bawang karena makan bawang putih matang ataupun mentah.
- cucilah siung bawang putih mentah dengan air dingin yang mengalir, bisa dari keran ataupun air yang d tuangkan dalam botol.
- silahkan konsumsi bawang putih mentah bersama dengan selesri ataupun daun kemangi yang berbau harum agar aroma bawangnya tidak terlalu tajam dan berbau berlebihan.
- setelah mengkonsumsi bawang putih jangan lupa langsung sikat gigi dan juga bisa berkumur dengan menggunakan cairan pembersih mulut sampai bersih pada saat selesai makan bawang putih. 

itulah sedikit ulasan tentang  Manfaat dan Khasiat Bawang Putih Yang Harus Kamu Ketahui untuk kesehatanmu

6 komentar:

Unknown said...

Informasi yang bermanfaat

s a y said...

Terima kasih

shareinfo said...

Kalo saya biasanya menggunakan untuk wedangnya . Suka minum wedang sambil nonton tv

s a y said...

maksutnya gimana

Unknown said...

Hebat ternyata bawang putih ya

s a y said...

Iya gan emang kaya gitu tuh