Ini Cara Menghafal Cepat, Learn To Memorize & Tida Cepat Lupa

Cara Menghafal Cepat Dan Tidak Mudah Lupa
selamat datang dan terimakasih atas kunjunganya pada laman Tips dan Info Say, oke kali ini akan saya bagikan CARA MENGHAFAL CEPAT dan tidak mudah lupa. langsung saja kita simak ulasanya dan ini berdasarkan pengalaman pribadi.

Temen – temen tentu memiliki banyak tugas dari guru, baik tentang menulis menghafal dan menggammbar juga, di sini akan di berikan beberapa tips agar lebih mudah dan cepat dalam menghafalkan sesusatu. Terutama tugas yang sering di berikan dari guru maupun dosen tidaklah luput dari tentang hafal menghafal. Tapi juga tidak melupakan cara belajarmu ya temen – temen, karena setiap orang memiliki cara belajarnya sendiri – sendiri. 


    >>1.)  Pastikan Fikiranmu Tenang

Jadi temen-temen yang lebih utama adalah fikiran harus tenang atau fres dan tidak dalam beban ataupun masalah. Biasanya sih kalo saya memiliki fikiran yang tenang adalah pada saat setelah ahir pekan atau setelah liburan. Itu yang paling efektif, Tapi gak mungkin juga kan setiap hari selalu melaksanakan liburan. kecuali kalo memang pekerjaanya di bidang pariwisata ya. untuk fikiran supaya bisa lebih tenang bisa kamu coba  dengan cara lain yaitu mandi nanti fikiran kita bisa jadi lebih tenang dan tubuh menjadi segar digunakan untuk bergerak juga akan terasa ringan juga siap di gunakan untuk menghafal. bener gaaaakk....... hehehe

  >>2.)  Mempersiapkan Lokasi

Ini bisa di mulai dari mempersiapkan bahan yang akan kita gunakan ataupun fasilitas, kita cek
-lokasinya dimana yang akan digunakan untuk menghafal supaya bisa lebih nyaman,
-posisinya sudah tepat atau belum jika digunakan unruk menghafal dan carilah posisi yang enak untuk duduk,
-ketenanganya seperti apa karena untuk menghafal perlu adanya ketenangan supaya bisa lebih fokus terhadap materi yang akan di hafalkan.
Karena jika kita mneghafal di tempat yang kelihatan berantakan ataupun tidak nyaman maka fikiran kita pasti akan terbang entah kemana. maka dari itu silahkan cari tempat yang tenang seperti di perpustakaan atau di taman yang tenang sekiranya di lihat itu tidak ramai orang dan tidak ada suara yang bising.

  >>3.)  Motivasi

motivasi merupakan salah satu faktor yang penting untuk menunjang proses atau kegiatan belajar dan terutama untuk menghafalkan materi. diri kita dan fikiran kita sangatlah butuh motifasi supaya bisa bangkit dari keterpurukan dan tidak selalu mengingat hal-hal yang tidak penting. mintalah motivasi dari orang tua yang utama karena dengan motivasi dan doa orang tua akan mempermudah segala sesuatu aktifitasmu. minta motivasi kepada guru pengajar atau pembimbingmu yang mengetahui dan menguasai materimu yang akan kamu hafalkan, mintalah motivasi kepada orang lain yang faham akan materi itu dan lagi dia yang berpengalaman.


  >>4.)  Mencatat

cara yang satu ini diyakini sangatlah efektif dan sangat mampu untuk meningkatkan daya berfikir juga daya ingat seseorang karena dengan mencatat pasti akan bisa langsung membaca dan menghafal kalimat. Jadi beberapa orang juga terkadang akan lebih mudah menghafalkan sesuatu hal jika di awali dengan mencatat kalimat atau kata-kata yang mau di hafalkan.Tidak harus melulu dengan membaca ya guys. tapi juga tidak semua orang yang selalu bisa sukses dengan menggunakan metode ini, tapi metode ini diyakini sangatlah ampuh untuk di terapkan. catatlah materi yang akan kamu hafal, jika itu banyak bisa menggunakan metode lain seperti mengetik di komputer, akan tetapi jika bisa kamu laksanakan dengan menulis langsung di atas kertas akan lebih masuk lagi ke dalam pikiran.

 >> 5.)  Mengulangi

langkah yang satu ini tidak boleh dilupakan ya gaess. karena hal ini sangat perlu dilakukan untuk menghafalkan materi.Terkadang setelah membaca langsung merasa sudah cukup bisa hafal ya temen – temen, sebenernya itu tidak cukup 1 atau 2 kali kalo mau menghafal dengna cepat dan tidak mudah hilang, karena hanya beberapa orang yang bisa 1 kali membaca langsung bisa menghafalkan. untuk kamu yang sulit menghafalkan dan sulit mengingatkan sesuatu juga mudah lupa harus mencoba metode ini karena metode ini sangat baik dilakukan supaya bisa menghafal dan mengingat dengan baik Jadi jangna lupa sering – sering di ulangi lagi ya bacaanya.

  >>6.)  Rekaman

Sekarang sudah serba canggih juga kok. Bisa menggunakan perekam suara dan bisa kita ulangi terus apa yang kita ucapkan tadi, kamu bisa menggunakan ponsel pintarmu atau alat perekam lainya yang bisa digunakan untuk merekam suara dan bisa diputar terus menerus, hal ini juga sangat memudahkan kita untuk menghafalkan materi. daripada ponsel pintarnya digunakan untuk kegiatan yang un faeda malah lebih baik digunakan untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat seperti ini . saran saya sih kalo ada hedset silahkan gunakan hedsetnya ya temen-temen, karena itu akan mempermudah glombang suara masuk dalam indra pendengaran kita. akan tetapi kamu harus hati-hati dan jangan terlalu keseringan menggunakan headset karena nanti akan tidak baik untukmu. penggunaan headset berdampak pada jangka panjang penggunaanya.

  >>7.)  Istirahat

Jangan lupa istirahatkan fikiran dan badan kita ya guys. Bagi temen-temen yang masih belajar membaca dan menghafal jangna terlalu memaksakan diri dalam membaca atau menghafal. Yang ada nanti malah fikiranya jadi stres . kamu bisa mencoba perlahan dengan membaca sebanyak satu atau dua kali sehari jadi secukupnya saja, hal yang berlebihan itu tidak baik juga ya temen – temen. Sewajarnya saja.. akan tetapi jika nanti kamu sudah merasa cukup ringan untuk membaca satu atau dua kali bisa kamu coba dengan membaca 3 sampai 5 kali dalam sehari ya. jadi kita usahakan sesuai kemampuan kita dan memaksimalkanya supaya bisa selalu berkembang kedepanya.

>>8) Makan Teratur

makanan yang sehat dan bergizi juga mempengaruhi cara berfikir dan daya ingatmu lo gaes. kamu juga harus makan makanan sehat dan teratur supaya bisa selalu mendapat gizi yang baik dan akan selalu membuat fikiran jadi lebih ringan. untuk makanan yang bergizi menurut saya tidak usah terlalu mewah-mewahan. cukup nasi dengan telur ceplok atau telur dadar juga sudah siap untuk memberikan gizi yang  banyak untuk kamu yang sedang dalam masa pertumbuhan, jika ada ikan juga bisa mencoba untuk makan ikan supaya bisa lebih baik. jangan selalu berfikir kalau makanan enak akan selalu bergizi, belum tentu itu bergizi. terkadang malah hanya enak di mulut tapi ternyata memberikan dampak yang tidak baik terhadap tubuh kita.

>>9) Berdoa

nah jangan lupa berdoa ya temen-temen, karena berdoa meupakan salah satu langkah kesuksesn yang perlu selalu di laksanakan karena berdoa merupakan langkah pertama yang perlu dilakukan, untuk itu kamu juga haus berdoa kepada sang kuasa agar diberikan kemudahan dan kelancaran. jangan lupa juga untuk minta doa kepada orangtuamu supaya diberikan kemudahan dan kelancaran karena doa dari orang tua sangat baik dan diyakini akan lebih di dengarkan dan dikabulkan oleh Allah SWT.tidak lupa juga minta di doakan oleh gurumu ya gaes supaya di berikan ilmu yang manfaat dan berkah.

 



Ya itu saja sih saran dari saya .. semoga bermanfaat bagi temen-temen semua, sebagai manusia harus bisa saling membantu dan berbagi...

2 komentar:

Kang Office said...

mungkin saya kurang Motifasi ya, soal nya susah menghafal,
nice info gan di tunggu info selanjut nya.

s a y said...

siap monggo di cari motivAsinya yang terbaik