Suka Makan Jengkol? Ini Info Yang Harus Kamu Ketahui

    JENGKOL merupakan salah satu makanan yang paling di gandrungi oleh masyarakat, karena memang rasanya yang khas dari olahan kuliner yang turun temurun tai juga meninggalkan bau yang tidak sedap pula. dibalik rasanya yang sangat memanjakan lidah ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena mengandung protein dan serat yang tinggi, tetpai juga tidak baik jika dikonsumsi dengan berlebihan karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.
    kata dokter spesialis gizi mengatakan pada 100 gram jengkol terdapat 151 kalori, 25,67 gram karbohidrat, 14,19 gram protein, 1,76 gram serat, dan 1,45 gram lemak. bebrapa manfaat yang dapat di peroleh dari seseorang yang mengkonsumsi jengkol sangatlah banyak sekali, maka simak saja kelanjutan dari artikel ini.

HABITAT TANAMAN JENGKOL

Tanaman jengkol merupakan tanaman yang khas dari negara Indonesia. aroam jengkol yang sangat khas dan rasanya yang sangat memanjakan lidah si penikmatnya menjadikan jengkol sebagai salah satu masakan yang populer. habitat tanaman jengkol secara geografis, terdistribusi secara meluas di daerah Asia Tenggara, tanaman tropis ini memiliki buah yang sebenarnya adalah biji atau polong dari buah yang sebenarnya. tiap polong terdiri dari 5-7 buah pada umumnya. selain itu pohon jengkol juga memiliki akar yang sangat dalam sehingga mampu menyerap air tanah. sebagai tanaman asli daerah tropis jengkol sangat cocok di tanam di daerah dataran rendah. selain itu juga membutuhkan sinar matahari setiap hari dan juga membutuhkan pasokan air yang cukup tinggi juga dan disertai dengan kadar kelembaban yang cukup.
perawatan pohon jengkol juga harus selalu diperhtikan karena ancaman hama yang menyerang pohon jengkol. dan hama yang sering menyerang tanaman ini adalah ulat dan tupai, selain dari kedua hama super tersebut jengkol juga mengalami serangan hama boleran yang berakibat fatal bagi pohon jengkol. tentunya perlu difikirkan bagaimana dan seperti apa cara untuk menyingkitkan berbagai hama yang mengganggu pohon jengkol ini. selain itu juga kamu harus tau umur panen dari pohon jengkol ini agar tidak asal ambil, untuk umur panenya yaitu sekitar usia 5 tahun sudah bisa berbuah dan dipanen.

PEMASARAN JENGKOL

 dari rasanya yang sangat lezat dan berbagai macam olahan kuliner jengkol menjadikan jengkol salah satu produk paling laku di pasaran. di kutip dari situs liputan 6, harga jengkol di pasar tradisional di daerah ibukota jakarta meningkat tinggi hingga mencapai angka RP 100.000 per kilogram (kg) menjelang puasa ini. data diambil 26 mei 2017
untuk mendapatkan jengkol tidaklah sulit bisa langsung di cari di toko sayur terdekat atau pedagang sayur keliling yang biasa berkeliling di sekitar rumah, jika kamu ingin mendapatkan yang lebih segar bisa langsung datang kekebunya. tapi yang paling banyak adalah jengkol di pasarkan di pasar tradisional maupun pasar swalayan. untuk lebih mudahnya kamu bisa mendapatkan jengkol yang sudah matang di kedai atau warung-warung makan yang menyediakan olahan semur jengkol.

MANFAAT JENGKOL UNTUK KESEHATAN

tidak banyak orang yang mengetahui seperti apa manfaat jengkol ini karena memang beberapa orang menilai jengkol kurang baik karena masalah baunya. akan tetapi dibalik bau jengkol yang sangat pekat ini menyimpan bebagai manfaat yang sangat baik dan di butuhkan oleh tubuh. berikut manfaat jengkol yang perlu kamu ketahui.

>> jengkol mencegah anemia
jengkol yang memiliki banyak sekali kandungan positif dan salah satunya adalah zat besi dan sangat berperan untuk mencegah dan mengatasi kurangya produksi sel-sel darah merah dalam tubuh. kamu pasti tau bagaimana jika tubuh kita ini kekurangan zat besi dan mengakibatkan produksi sel darah merah akan berkurang. efek dari kurang darah ini suplai oksigen dan zat-zat makanan pada sel akan menurunkan fungsi/kinerja sel maka badan akan terasa lemas dan kurang daya. untuk mengatasi hal itu di anjurkan untuk memperbanya mengkonsumsi jengkol

>> jengkol memperkuat tulang
selain zat besi, ternyata jengkol juga memiliki kandungan manfaat lain yaitu kalsium dan fosfor. kedua zat ini berfungsi sebagai penguat tulang. kalsium dan fosfor dapat mencegah masalh tulang kropos. selain itu juga untuk proses penyembuhan pasien yang memiliki masalh tulang fetak atau bahkan patah juag dianjurkan untuk mengkonsumsi jengkol supaya mempercepat proses penyembuhan. untuk pertumbuhan anak-anak, jengkol sangatlah cocok jika diajdikan pendamping makanan pokok bagi mereka, akan tetapi jarang sekali anak-anak yang mau mengkonsumsi jengkol karena tidak suka dengan baunya yang sangat menyengat.

>> jengkol mencegah kanker
jengkol mengandung antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas. maka sangat dianjurkan mengkonsumsi jengkol dengan teratur dan juga sebagai pencegah kanker yang sangat akuran mujarap dan ampuh sekali. institut pencegahan kanker engumumkan rangking sayuran anti kanker yaitu jengkol menempati posisi teratas untuk sayuran yang menjadi musuh nomer 1 dari penyakit kanker. makanya jangan hanya melihat dari luar dan b aunya, ketahuilah kedasyatan dan manfaatnya ya . Dan sebenarnya masih banyak lagi manfaat jengkol yang perlu d ketahui bersama.
BACA JUGA »»cara mencegah kanker dengan makanan ini dan ternyata ada yang sering kita makan

BAHAYA MAKAN JENGKOL BERLEBIHAN

apabila jengkol dikonsumsi dengan takaran yang berlebihan maka akan menyebabakan efek kejengkolan atau keracunan jengkolat. dikutip dari situs detik heatlh, bahaya yang di dapat apabila terlalu banyak makan jengkol akan menyebabkan keracunan dan bisa berakibat gagal ginjal dan bisa saja mengalami kematian. melalui diskusi dengan dr ari dan Detik Health seberapa wajar dan diperbolehkan nakan jengkol agar tidak keracunan?.
"satu, dua atau tiga saja. sesekali boleh" dan menurut beliau rekasi setiap orang berbeda-beda tergantung pada kesensitifanya terhadap asam jengkolat tersebut. tetapi tetap bliau menyarankan untuk tidak terlalu banyak dan terlalu sering mengkonsumsi ginjal. terlebih bagi orang yang sudah memiliki masalah dengan ginjal.

 RESEP OLAHAN JENGKOL

beribu macam rahasia dan resep olahan dari ibu indonesia yang menjadikan jengkol sangat diidolakan oleh semua orang, berikut beberapa resep masakn jengkol yang perlu anda ketahui dan anda coba

>>jengkol balado
 - 1/2 kg jengkol tua
 - 1 sendok makan kopi
 - air untuk merebus
 - garam
 - gula
 - royco
 - 10 csbe rswit mersg besar
 - 15 cabe keriting
 - 6 siung bawang merah
 - 3 siung bawang putih
 - 1 tomat
pertama-tama rendam jengkol semalaman dengan air biasa, lalu rebus jengkol 30 menit dicampur 1 sendok makan kopi, agar kulit mengelupas dan bau berkurang, potong jadi 2 bagian lalu goreng sebentar, tiriskan.
langkah kedua siapkan minyak panas diwajan lalu tumis bumbu hingga harum, masukan tomat, aduk sebentar, masukan garam, gula dan rotco bersamaan, jangan lupa di cicipi rasanya.
langkah berikutnya jika rasa sudah pas dan bumbu telah matang maka masukan jengkol yang sudah digoreng dan aduk sebentar lalu siap di sajikan dan di santap.

0 komentar: