Tips MERAWAT KESEHATAN GINJAL DAN MENGATASI PENYAKITNYA

Pengertian & Fungsi Ginjal

Ginjal adalah sepasang organ saluran kemih yang terletak di rongga belakang usus agak atas. berbentuk sepeti kacang dengan sisi cekungnya menghadap kearah sumbu tengah tubuh. normalnya, seseorang memiliki sepasang ginjal di sisi kiri dan kanan tubuhnya dengan berta dan ukuranya yang bervariasi tergantung pada jenis kelamin, usia dan ada atu tidaknya ginjal pada kedua sisi.
Ginjal memiliki banyak sekali fungsi, maka dari itu haruslah di rawat dengan baik dengan mengatur pola hidup yang baik pula. Fungsi ginjal antara lain
>> Membersihkan Darah Dari zat-zat Hasil Metabolisme
>> Mengatur Volume Cairan Tubuh
>> Mengarur Metabolisme Kalsium Dan Vitamin D
>> Mengatur PH Darah Agar Tidak Terlalu Asam
>> Menghasilkan Eirtroprotein, Renin, Kalsitriol atau vitamin D3
sudah tau kan seperti apa fungsi ginjal? maka marilah kita jaga kesehatan ginjal kita dengan mengatur pola hidup yang baik.
lebih dari 150.000 kasus penyakit ginjal pertahun di Indonesia dan perawatan hanya dapat membantu, namun jarang yang bisa di sembuhkan. dan yang kronis dapat bertahan selama bertahun-tahun bahkan seumur hidup.

BACA JUGA »» cegah kanker dengan makanan yang sering kita makan

Menjaga Kesehatan Ginjal

>>Mengatur Pola Makan
Mengatur pola makan merupkan hal yang paling utama yang harus dilakukan supaya ginjal tetap sehat. Makanan seperti buah-buahan dan sayur-sayuran yang di tanam dan dirawat tanpa menggunakan bahan kima atau menggunakan bahan organik akan memberikan kesehatan untuk ginjal dan berat badanpun akan lebih terkontrol jika pola makan benar-benar terjaga dengan baik.


>>Jauhi Alkohol dan Rokok

jika kamu sering dan kecanduan merokok akan memicu penyakit paru-paru dan juga ginjal, alkohol pun juga menjadi sumber penyakit bagi tubuh dan akan membahayakan kesehatan kita. Maka dari itu mulai sekarang jauhilah berbagai minuman yang beralkohol dan jangan merokok. apabila sudah sangat kecanduan terhadap rokok maka mulailah kurangi merokok sedikit demi sedikit dengan cara menggunakan permen.

>>Minum Air Putih
air putih sangatlah bermanfaat bagi seluruh tubuh maka perbanyaklah minum air putih setiap hari, yang di sarankan adalah minimal 2 liter perhari atau 6 gelas perhari dan akan sangat baik untuk menjaga kesehatan ginjal serta menjaga kesehatan organ tubuh lainya. kekurangan masa air secara terus menerus akan berakibat fatal terhadap kesehatan tubuh dan juga semua organ-organ tubuh.


>>Berolahraga
Dengan rajin berolahraga akan memberikan kebugaran pada tubuh, olahraga merupakan tips yang paling cocok untuk menjaga kesehatan ginjal dan tubuh kita. Dan berolahraga ringan seperti jalan kaki atau lari pagi dan bersepeda akan memberikan banyak sekali manfaat kesehatan pada ginjal dan juga berbagai orgam tubuh lainya.


>>Kurangi Mengkonsumsi Obat Kimia
Ketergantungan obat akan sangat berakibat fatal terhadap kesehatan ginjal, selain obat-obatan juga sangan di anjurkan untuk mengkonsumsi makan dan minuman yang instan ataupun yang bersoda karena akan memicu penyakit ginjal.

Penyakit Ginjal

Penyakit ginjal adalah gangguan yang terjadi pada organ ginjal, gangguan pda ginjal akan memengaruhi kinerja tubuh dalam mecuci darah seperti menyaring limbah  tubuh dan cairan yang akan menjadi urine. Ketika fungsi ginjal terganggu zat sisa-sisa limbah tubuh dan cairan yang menupuk di dalam tubuh akan menyebabkan gejala pembengkakan pada pergelangan kaki, mual, muntah, lemas, dan sesak napas.
Selain itu ada juga factor lain yang memicu penyakit ginjal yaitu missal, diabetes dan tekana darah tinggi maka seseorang akan beresiko terserang penyakit ginjal, atau memang memiliki riwayat penyakit ginjal dalam keluarga.

Deteksi Penyakit Ginjal

>> tes urine
lakukan tes urine secara teratur di rumah sakit sehingga bisa mengetahui bagaimana kondiai ginjalmu

>> tes darah

lakukan tes darah di puskesmas atau rumahsakit terdekat supaya juga bisa menetahui dan mendeteksi penyakit apa saja yang mengancam.

>> pemindaian

lakukan pemindaian juga di rumahsakit atau klinik terdekat.

Jenis Penyakit Ginjal

>> infeksi ginjal
>> batu ginjal
>> penyakit ginjal polikistik
>> gagal ginjal akut

Pengobatan Penyakit Ginjal Dengan Tanaman Herbal

>>alternative I
-50 gram daun kumis kucing
-50 gram daun mineral/akarnya
-50 gram daun kaca beling
Cara membuatnya yaitu daun kaca beling ditumbuk hingga halus, kemudian campur dengan bahan-bahan lainya. Rebuslah semua bhn tersebut dengan air 3 gelas dan tunggu hingga air mendidih dan tersisa separuhnya dan minumlah air hasil rebusan bahan tersebut.


>>alternative II
4 sendok makan kacang kedelai
Cara membuatnya 4 sendok makan kacang kedelai direbus dengan 4 gelas air hingga mendidih. Biarkan air rebusan berkurang hingga kurang lebih 1 gelas. Minumlah ramuan ini setiap pagi sehabis bangun tidur dan ramuan dalam kondisi hangat.


Selain dari ramuan yang suah dijelaskan diatas, kamu juga bias mengkonsumsi berbagai buah yang bias menjaga kesehatan ginjal dengan tentunya menggunakan porsi makanan yang tidak berlebiha. makanan yang bisa kamu konsumsi untuk menjaga kesehatan ginjal yaitu bawang putih, apel, ikan, blueberry, kubis, stroberi, cranberry, bayam, rasberi, ceri, anggur merah, jeruk nipis, ubi, toge atau cambah, telur yang bagian putih, wortel. Dan masih banyak lagi makanan yang bias kamu konsumsi untuk menjaga dan merawat kesehatan ginjalmu.
Kesehatan merupakan harta yang tidak akan ternilai harganya dan merupakan anugerah yang sangat indah dan sangat nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. Maka marilah kita sama-sama bersyukur atas nikmat yang telah diberikan kepada kita dan juga menjaga kesehatan kita dari berbagai penyakit dan perlu diingat “Nikmat Mana Yang Kau Dustakan”.