CONTOH PELUANG BISNIS KERAJINAN BAHAN LUNAK


 Contoh kerajinan dari bahan lunak
PELUANG BISNIS KERAJINAN BAHAN LUNAK, produk produk kerajinan lebih banyak memanfaatkan bahan-bahan alam seperti tanah liat, serat alam, kayu, bambu, logam, rotan dan lain-lain. Ada juga yang memanfaatkan bahan sintetis untuk bahan kerajinan seperti limbah kertas, plastik, karet dan lain-lain. Sumber daya alam yang ada di indonesia sangat banyak, sudah saatnya kita membuka mata dan fikiran untuk berkarya dan memajukan bangsa kita. Kita sudah tertinggal jauh dengan negara lain yang sudah mengembangkan teknologi yang canggih jangan sampai kita hanya menjadi bangsa pengkonsumsi saja mari kita berkarya dan membuat produk dengan memanfaatkan sumber daya yang ada dan tentunya sesuai dengan kadar dan aturannya. 
BACA JUGA »»ini Usaha yang menguntungkan di Bulan Ramadhan

JENIS-JENIS BAHAN KERAJINAN
     Secara umum, jenis jenis bahan dasar produk kerajinan dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu
   -produk kerajinan dari bahan lunak
   -produk kerajinan dari bahan keras
Di pembahasan selanjutnya akan kami sampaikan tentang kerajinan dari bahan lunak yang lebih mudah mendapatkan bahanya juga lebih ramah lingkungan sehingga cocok untuk dicoba untuk di rumah.

     Kerajinan dari bahan lunak merupakan produk kerajinan yang menggunakan bahan dasar yang sifatnya lunak, bahan lunak ini sendiri di bagia lagi menjadi dua yaitu
   - bahan lunak alami
     Contoh: tanah liat, serat alam, kulit.
   - bahan lunak buatan
     Contoh: bubur kertas, gips, lilin, sabun, spon dan sebagainya.

Berikut produk kerajinan dari bahan lunak yang bisa anda coba dirumah

#KERAJINAN TANAH LIAT
kerajinan dari tanah liat sering kita kenal dengan kerajinan keramik, kerajinan keramik merupakan kerajinan yang berbahan baku tanah liat yang melalui proses sedemikian rupa. Bahan bakunya lebih mudah di dapat dan lebih ramah lingkungan. Akan tetapi dalam pembuatan kerajinan ini memerlukan suatu keahlian khusus sehingga akan menambah keindahan dari karya yang akan anda buat. Contoh: gerabah, vas bunga, guci, piring, mangkok, kendi, dan masih banyak lagi kerajinan dari tanah liat yang perlu anda coba.

#KERAJINAN SERAT ALAM
Bahan-bahan serat alam bisa menghasilkan kerajinan tangan yang sangat bagus dan bisa dipakai untuk keperluan sehari-hari. Untuk mendapatkan bahan ini tidaklah sulit akan tetapi perlu pengontrol penggunaan karena bahan ini di dapat langsung dari tumbuhan dan pepohonan yang ada di alam. Teknik yang digunakan untuk membuat kerajinan ini biasanya menggunakan cara menganyam, contoh produk dari serat alam adalah: tas, dompet, topi, alas meja, tempat lampu, vas bunga hiasan, tikar, tempat tissue dan masih banyak lagi.

#KERAJINAN GIPS
gips merupakan bahan mineral yang tidak larut dengan air dalam waktu yang lama jika sudah menjadi padat. Secara umum, untuk semua produk gips diperlukan cetakan adalah silicon rubber, tetapi yang paling mudah  dicari adalah plastisin atau tanah liat. Contoh kerajinan dari gips ini adalah hiasan dinding, mainan, hiasan langit-langit dan masih banyak lagi hal dari gips ini yang perlu anda kembangkan.

#KERAJINAN LILIN
pembuatan kerajinan berbahan dasar lilin ini cukup sederhana dan mudah, dapat dilakukan oleh semua orang dan semua kalangan. Jika kita akan mengubah bentuknya menjadi kerajinan yang unik dan bagus untuk dilihat. Bahan dari lilin ini Perlu dicairkan dengan cara di panaskan dengan api/kompor. Banyak sekali produk yang bisa di hasilkan dari kerajinan lilin ini.

#KERAJINAN SABUN
kalo bicara tentang kerajinan sabun jadi teringat sewaktu sd dahulu karena pernah mendapatkan tugas untuk membuat kerajinan dari sabun, akn tetapi hasilnya tidak bisa di lihat dengan baik karena memang tidak memiliki kemampuan di bidang tersebut. Kerajinan dari sabun sangat unik, bahan yang digunakan adalah sebuah sabun batangan. Kerajinan ini dapat diolah dengan dua cara yaitu,
 - mengukir sabun yang menghasilkan karya seperti binatang, buah, wajah seseorang,
 - membentuk sabun dengan cara di parut dan di campur dengan bahan lain

#KERAJINAN BUBUR KERTAS
kertas biasanya hanya di bakar dan di jual kiloan kepada pengepul, sekarang setelah membaca artikel ini anda bisa mencoba berkarya dengan menggunakan kertas bekas. Sisa-sisa kertas dapat dimanfaatkan untuk beraneka ragam karya kerajinan. Salah satu alternatif pemanfaatan sisa-sisa kertas adalah dibuat hiasan untuk karya kerajinan. Biasanya bahan kertas ini dibuat bubur sebelum membuat kerajinan.
BACA JUGA " Peluang Usaha Kerajinan Dari Bahan Kertas "


2 komentar:

Unknown said...

Saya sebenarnya tertarik suatu hari mengekspor barang2 seni yg terbuat dr bahan2 ini. Kalo saran saya mgkn dikasih foto jg mas biar makin jelas. Artikelnya bagus anyway.

s a y said...

Iya mas nanti akan di kasih fotonya biar para pembaca lebih memiliki gambaran. Terimakasih sudah berkunjung.