Khasiat Ubi jalar Yang Memiliki 1001 Manfaat Untuk Kesehatan

Khasiat Ubi jalar Yang Memiliki 1001 Manfaat Untuk Kesehatan, Selamat datang bagi kamu yang sudah berkunjung di laman TIPS DAN INFO SAY, kami ucapkan banyak terimakasih. Untuk pembahasan kali ini kita akan mengambil tema ubi jalar.

 UBI JALAR ( Ipomoea batatas L. ) atau dalam bahasa inggris di sebut sweet potato adalah sejenis tanaman budidaya. Bagian yang biasa dimanfaatkan adalah akarnya yang membentuk umbi. Di beberapa negara, umbi ubi jalar menjadi salah satu makanan pokok seperti di negara afrika. Pada masa jaman penjajahan, indonesia pun menggunakan ubi sebagai makanan pokok karena memang sulitnya mendapatkan beras dan makanan yang memang layak konsumsi. Selain umbinya, daun ubi yang masih muda juga biasa dimanfaatkan untuk sayuran, manfaat ubi jalar ternyata juga bisa digunakan untuk pengobatan. Selain itu juga ada beberapa ubi yang di jadikan tanaman hias atau pelengkap taman karena keindahan daunya. Asal dari ubi ini masih di perdebatkan ada yang mengatakan dari Amerika selatan tropis, ada yang mengatakan dari papua, dan ada pula yang mengatakan bahwa orang india berlayar menuju ke barat melalui samudera pasifik dan membantu menyebarkan ubi jalas ke Asia.


CIRI-CIRI UBI JALAR DAN JENISNYA


Buah/umbi jalar berada di bagian akar pohonya. Jadi bagian yang biasa di konsumsi adalah akarnya yang membentuk umbi. Daun dari umbi jalar ini berwarna hijau dan merambat di tanah.
1.   Ubi Jalar Putih
-Tekstur agak rapuh
- Kulit berwarna coklat
- Isinya berwarna putih

2.   Ubi Jalar Merah
-Teksturnya lebih keras bila dibandingkan dengan ubi jalar putih
- Kulitnya berwarna coklat orange
- Isinya berwarna orange

3. Ubi Jalar Ungu
- Kulitnya berwarna ungu gelap
- Isinya juga berwarna ungu gelap
- Rasanya tidak terlalu manis

4.   Ubi Jalar Kuning
- Kulitnya berwarna kuning
- Isinya berwarna kuning, kuning muda, kuning gelap

CARA BUDIDAYA UBI JALAR


Ubi jalar juga memiliki sumber karbohidrat yang sangat tinggi, tidak hanya nasi saja yang memiliki sumber karbohidrat yang tinggi. Selan itu ternyata ubi jalar juag memiliki manfaat untuk menyerap racun yang ada pada usus. Untuk itu tanaman ini termasuk tanaman yang paling di cari selain di tanam dan di budidaya juga di jadikan pengobatan dan sangat bermanfaat. Tanaman ubi jalar sangat cocok di tanam di indonesia yang memiliki iklim tropis, cocok di tanam di dataran rendah hingga ketinggian 500mdpl.  Untuk pembudidayaan ubi jalar ini memiliki teknik tersendiri di masing-masing daerah dan memiliki cara tersendiri untuk masing-masing jenisnya, berikut cara yang akan kami berikan untuk menanam ubi jalar


~ Penyiapan Bibit

Kamu harus memilih bibit2-bibit unggulan yang berpotensi menjadi ubi yang terbaik atau bisa mencari di toko-toko terdekat

~ Pengolahan Tanah

Untuk mengolah tanah yang akan di tananmi bibit ubi jalar pada umumnya tidaklah terlalu sulit, hanpir sama dengan tanaman lain pada umumnya

~ Penanaman dan Perawatan

Cara menanam bibit ubi jalar juga tidak terlalu sulit kamu hanya perlu memasukan binit unggul yang sudah d pilih dan untuk perawatan ini ringan-ringan saja untuk di siram seperti biasanya dan jika ada juga di kasih pupuk juga

~ Pemanenan Ubi

Untuk memanen ubi inilah hal yang paling di tunggu. Ynag sudah dirawat seriap saat dan di peehatikan sepanjang hari akhirnya tiba waktunya untuk di panen dan dari kami memberikan saran sebaiknya pemanenan ubi jangan asala cangkul karena kita tidak tau apabila ubinya tercangkul di tengahnya maka sudah tidak cantik lagi.


tanam ubi


MACAM-MACAM OLAHAN UBI


1.   Keripik Ubi

Keripik ubi merupakan makanan yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat khususnya di indonesia, keripik ubi bisa di jumpai di toko-toko jajanan maupun di minimarket bahkan supermarket sekalipun. Akan tetapi berbeda rasa, cara pengemasanya dan berbeda pula harganya maka akan kami berikan tips membuat kripik ubi ala rumahan
-  Bahan dari pembuatan kripik ini adalah
Ubi jalar.
Bumbu instan ( untuk pemula ).
Minyak goreng.
-   Langkah selanjutnya adalah kupas ubi
-   Cuci hingga bersih dan tiriskan
-   Setelah kering, iris tpis-tipis
-   Rendam dalam air yang sudah di kasih bumbu instan
-   Setelah direndam lalu tiriskan
-   Goreng menggunakan minyak yang sudah panas hingga kering
-   Tiriskan kripik yang sudah kering
-   Kripik ala rumahan dan anak kos sudah siap untuk di makan

Ubi ungu bisanya di buat untuk keripk, di bakar, dan di rebus untuk makanan pencuci mulut. Akan tetatpi juga ada olahan ubi yang unik yaitu olahan ubi untuk di jadikan es krim. Berikut resep pengolahan ubi yang perlu anda coba.
-         Siapkan bahan ubi
-         400 gram ubi ungu
-         300 ml air
-         1 kaleng susu
-         300 gram gula pasir
-         ½ sendok teh garam
-         2 sdm tepung maizena
-         1 butir telur
-         2 lembar daun pandan
-         Kupas dan berdihkan ubi
-         Kukus ubi sampai empuk
- Larutkan susu, telur, gula, garam dan aduk hingga tercampur
-  Rebus larutan dan masukan daun pandan juga tepung maizena
-  Aduk sampai semua bahan tercampur lalu masak sampai berbuih
-  Setelah dingin, tuangkan bahan larutan ke dalam wadah bersama ubi
- Kocok semua bahan sampai halus dan kental
- Tuang hasil kocokan di wadah lalu masukan dalam freezer
-  Es krim sudah siap untuk di santai


3. Kue Talam Ubi 


Dengan khasiat yang banyak sekali tapi ada bebeberapa orang yang kurang suka untuk makan ubi. Tapi tenang saja ini ada cara lain untuk menyajikan ubi yang lebih menarik.

BAHAN
- 150 gr ubi yang sudah di kukus
- 60 gr tepung tapioka
- 30 gr tepung tapioka
- 30 gr tepung beras
- 150 gr gula pasir
- 1/2 sendok teh garam
- 1 gelas santan

LANGKAH-LANGKAH
Panaskan kukusan, alasi tutupnya dengan serbet bersih. Olesi loyang dengan minyak, alasi dengan plastik dan olesi minyak lagi.
Blender ubi kukus dengan santan. Masukan gula dan garam sampai halus. Pindahkan ke wadah lain. Masukan tepung tapioka dan tepung beras aduk hingga tercampur dan tuang ke loyang lalu kukus sampai 15 menit.
Sementara masih mengukus lalu siapkan adonan ke 2, masukan tepung beras ke wadah, beri air panas, aduk sampai rata. Setelah merata masukan tepung tapioka dan tuangkan diatas adonan ubi. Kujus lagi sampai 15 menit.
Dinginkan terlebih dahulu sebelum dikeluarkan dari loyang, potong-potong dengan pisau yang dialasi dengan plastik agar tidak lengket dan potong yang rapi
Siap saji

KANDUNGAN GIZI UBI JALAR 

  
Sebuah ubi jalar berukuran sedang menyediakan 162 kalori, 0 gram lemak. 37 gram karbohidrat, dan 3,6 gram proteinsesuai dengan database gizi basional. Ubi jalar juga memberikan lebih dari 100% kebutuhan harian untuk vitamin A. Serta vitamin c, b-6 vitamin, asam pantotenat, kalium dan mangan. Juga didalamnya terdapat kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, seng, vitamin e dan asam solfat.

 MANFAAT UBI JALAR UNTUK KESEHATAN


Sebagaia mahluk pemakan segalanya, pastinya suka mengkonsumsi berbagai makanan yang ada di hadapanya apalagi makanan itu terlihat lezat dari segi penampilanya. Tapi kita tidak tau penyakit apa saja yang menanti. Untuk menjaga kesehatan kita sangatlah dianjurkan untuk mengkonsumsi berbagai buah dan sayur-sayuran dengan harapan bisa menurunkan  resiko berbagai resiko penyakit. Banyak penelitian yang telah menunjukan bahwa peningkatan konsumsi nabati seperti ubi mengurangi berbagai resiko penyakit antara lain.
Ø Mencegah diabetes
Ø Mensetabilakn peredaran darah
Ø Meningkatkan kesuburan reproduksi
Ø Meningkatkan imunitas
Ø Mengatasi peradangan
Ø Menjaga kesehatan mata
Ø Memperlancar pencernaan
Ø Sumber energi
Ø Menguatkan tulang
Ø Menjaga kesehatan jantung

Sudah tidak diragukan lagi seperti apa manfaat ubi jalar untuk Kesehatan.

     MANFAAT UBI JALAR UNTUK KECANTIKAN

untuk kecantikan
Kecantikan adalah hal yang sudah menjadi kebutuhan utama bagi kaum hawa, karena merawat kecantikan khususnya wajah merupakan suatu hal yang paling utama dilakukan oleh kaum hawa pada umumnya. Ubi jalar memiliki banyak sekali manfaat untuk manusia selain untuk megobati rasa lapar juga mencegah dan mengobati berbagai penyakit. Selain itu ubi jalar juag memiliki manfaat yang tidak kalah menariknya yaitu untuk kecantikan. Berikut manfaat ubi jalar untuk kecantikan.



-  Menjaga elastisitas kulit
-  Mengatasi kulit berminyak
-  Meningkatkan tekstur kulit
-  Mengatasi lingkaran gelap dan mata bengkak

Cara menggunakan ubi jalar untuk masker wajah
a.Siapkan ubi dan kupas kulitnya
b.Cuci hingga bersih
c.Parut ubi hingga halus
d.Balurkan parutan ubi ke seluruh permukaan wajah
e.Diamkan selam kurang lebih 30 menit
f.Setelah selesai bilas dengan air hingga bersih

sekian yang bisa kami informasikan tentang menggali ubi jalar dan menggali manfaatnya, adapun kesalahan dan kekurang juga sara yang ada pada artikel ini bisa di sampaikan melalui kolom komentar yang ada di bawah Ubi jalar Yang Memiliki 1001 Manfaat Untuk Kesehatan

0 komentar: