MANFAAT IKAN LELE DAN CARA BUDIDAYANYA




MANFAAT IKAN LELE DAN CARA BUDIDAYANYA, Ikan lele (Clarias sp) merupakan jenis ikan yang habitatnya di air tawar. Ikan lele termasuk ddalam ikan jenis cat fish atau kategori ikan yang memiliki kumis. Habitat ikan lele adalah sungai dengan arus yang tenang seperti di danau, rawa, telaga, waduk, empang dan kolam. Ikan lele memiliki sifat nokturnal, yaitu aktif dan bergerak mencari makanan pada saat malam hari sedangkan di siang harinya hanya berdiam diri atau berlindung di lokasi yang gelap dan tidak terpapar sinar matahari. Ikan lele merupakan ikan yang paling di sukai dan digemari oleh masyarakat indonesia dari semua kalangan baik dari kaum adam dan kaum hawa juga dari anak-anak sampai orang tuapun menyukai ikan yang satu ini.

CIRI-CIRI IKAN LELE

Ikan lele memiliki ciri-ciri khusus bila dibandingkan dengan ikan lainya dan sangat terlihat mudah membedakanya dari ikan lainya dengan cara melihat cirir-ciri ikan lele ini yaitu lele memiliki kumis disekitar kepalanya dengan dua buah patil disekitar siripnya yang tajam yang bisa menyebabkan demam jika terkena patilnya. Tubuh ikan lele yang berlendir dan sangat licin jika dipegang, kepala ikan lele yang keras dan lokasi itulah yang biasa digunakan untuk melumpuhkanya.

JENIS-JENIS IKAN LELE

Siapa yang tidak mengenal ikan lele, ikan ini merupakan ikan yang paling banyak di budidayakan oleh masyarakat indonesia terutama adalah lele lokal yang paling di sukai olahanya. Akan tetapi juga ada beberapa jenis ikan lele yang populer di indonesia antara lain
·         Lele lokal 
·         Lele dumbo
·         Lele sangkuriang
·         Lele pyton
·         Lele masamo
·         Lele mutiara

PEMBUDIDAYAAN IKAN LELE

Ikan lele sangatlah digemari oleh seluruh masyarakat dari semua kalangan, maka dari itu ikan lele termasuk ikan yang paling banyak dibudidaya oleh para pembudidaya ikan karena pesanan ikan lele ini sangatlah banyak.

 Dari pembibitan sampai pembesaran sangatlah memiliki nilai ekonomis yang bisa membantu perekonomian masyarakat, maka akan kami ulas beberapa manfaat ikan lele dan cara budidayanya. Berikut  cara pembesaran ikan lele yang bisa anda coba dirumah.
-          Siapakan Kolam Tempat Budidaya
Ada berbagai tipe kolam ikan lele yang biasa dipakai untuk membudidaya ikan lele yaitu kolam tanah, kolam semen, kolam terpal, kolam jaring / keramba. Tapi kita ambil kolam terpal yang lebih mudah dan ringan.

-          Siapakan terpal di lokasi dengan luas 3x6 meter
-          Buat beberapa reng untuk pagar kolam dari bambu
-          Susunlah bambu tersebut diatas lokasi kolam dengan tinggi 50 cm
-          Untukbagian sudut gunakan bambu yang utuh
-          Setelah itu pasang terpal diatas pagar rakitan
-          Isi kolam dengan air sampai tingginya 30 cm
-          Setelah kolam siap silahkan masukan bibit ikan lele
1 meter persegi kolam dapat menampung 100 benih ikan lele.

HARGA PASAR IKAN LELE

Karena rasa dari ikan lele ini yang sangat di sukai oeh masyarakat maka tidaklah asing jika kita menemukan penjual ikan lele di berbagai tempat, tetapi di sini akan kami berikan referensi harga rata-rata perkilonya di beberapa daerah di indonesia.




   Harga Bibit Lele
UKURAN BIBIT LELE
HARGA PEREKOR
2-3 cm
Rp. 150
2-5 cm
Rp. 185
6-7 cm
Rp. 240
8-9 cm
Rp. 310
9-10 cm
RP. 350

Harga Lele Konsumsi
KOTA
HARGA PENGEPUL
HARGA KONSUMEN
Aceh
Rp. 17.000
Rp. 24.500
Batam
Rp. 19.000
Rp. 26.700
Riau
Rp. 17.200
Rp. 26.500
Jakarta
Rp. 19.000
Rp. 25.000
Jawa Barat
Rp. 17.500
Rp. 25.500
Jawa Tengah
Rp. 17.500
Rp. 25.500
Jawa Timur
Rp. 18.000
Rp. 25.500
Kalimantan
Rp. 18.000
Rp. 26.600
Sulawesi
Rp. 18.000
Rp. 25.200

Data ini di ambil pada bulan febuari 2018.
Sekarang sudahkah anda tentukan pilihan anda? Sekarang apalagi yang anda fikirkan, marilah kita mulai kita kembangkan budidaya ikan lele.

RESEP OLAHAN IKAN LELE

Kita akan memasaka ikan lele sederhana ala rumahan dan ala anak kos
-          Matikan ikan lele dengan cara di belah bagian perutnya
-          Bersihkan isi perut ikan lele
-          Potong sungut ikan lele dan patilnya
-          Biarkan kepalanya tersisa dan cuci hingga bersih
-          Iris-iris kedua sisinya supaya nanti matang merata pada saat di goreng
-          Setelah selesai masukan ikan lele kedalam piring yang sudah di isi dengan garam
-          Siapkan penggorengan lalu isi dengan minyak goreng
-          Panaskan minyak goreng hingga mendidih
-          Masukan ikan lele kedalam penggorengan
-          Jangan sampai apinya terlalu besar karena nanti gososng dan tidak matang merata
-          Setelah matang dan berwarna kecoklatan silahkan angkat dan tiriskan
-          Ikan lele sudah bisa dimakan
-          Tambah sambal dan daun kemangi untuk lalapan (bagi yang suka)

KASIAT IKAN LELE UNTUK KESEHATAN

Ikan lele banyak mengandung sumber protein dan gizi seperti zat besi, vitamin B1, dan vitamin B2. Manfaat ikan lele akan di dapatkan jika mengkonsumsi dengan teratur. Selain kandungan ikan lele yang sangat bagus disini akan kami jelaskan beberapa manfaat ikan lele untuk kesehatan 
a.      Sebagai Sumber Protein
Sumber protein yang cukup tinggi pada ikan lele yaitu sekitar 20% dapat dijadikan pelengkap mutu protein yang ada di dalam makanan kita.
b.      Rendah Lemak
Ikan lele sangatlah rendah lemak dan bisa menekan kadar kolestrol yang ada dalam tubuh kita, daging kan lele yang rendah lemak terdapat pada bagian perut ikan lele.
c.       Kaya Akan Kandungan phosphor
Kandungan phosphor ini berfungsi untuk memberi energi dan kekuatan pada metabolisme pati dan lemak, membantu menyerap kalsium serta menjadi penunjang bagi kesehatan gigi dan gusi.
d.      Meningkatkan Kesehatan Otak dan Jantung
Menjaga kesehatan otak dan jantung sangatlah penting bagi kita semua, untuk menjaga kesehatan otak dan jantung maka dianjurkan untuk mengkonsumsi ikan lele.
e.      Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Hipertensi atau tekanan darah tinggi sangat lah hal yang paling sering dialami oleh penduduk indonesia dan tidak jarang juag mengalami kematian. Maka dianjurkan untuk mengkonsumsi ikan lele secara teratur

Demikian yang bisa kami sampaikan tentang manfaat ikan lele dan cara budidayanya. Jangan lupa ikuti juga informasi selanjutnya yang akan kami ulas juga tentang kesehatan dan peluang bisnis. Biar lebih mudah lagi silahkan SUBSCRIBE atau tidak FOLLOW nanti akan update informasi yang menarik lainya melalui email.

2 komentar:

admin said...

Makanan favorit nih, tapi baru budidaya lele lumayan juga .

s a y said...

Di coba aja bro. Gua juga suka