Bukti Nyata Khasiat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan ini juga nfonya

BUKTI NYATA KHASIAT JERUK NIPIS UNTUKKESEHATAN

Jeruk nipis (Citrus aurantifolia, Familli: Rutaceae) merupakan jenis tumbuhan yang masuk dalam keluarga besar jeruk-jerukan. Jeruk nipis tersebar di daratan Asia dan Amerika Tengah, di indonesia dikenal sebagai jeruk pecel khususnya di daerah pulau jawa karena biasa digunakan untuk menjadi pelengkap untuk masakan pecel yang legendaris ( jeruk asam ). Di Indonesia, jeruk nipis hidup di dataran rendah sampai dengan dataran yang mencapai tinggi 1000 mdpl. Jeruk nipis menyukai tempat terbuka dengan sirkulasi udara yang baik.
Baca juga ini khasiat buah pepaya dari ujung pohon hingga akar

CIRI-CIRI JERUK NIPIS

Pohon jeruk nipis berukuran kecil, batang pohonya memiliki duri-duri kecil yang tajam dan juga banyak cabang-cabang pohon yang kecil. Bentuk buah Jeruk Nipis agak bulat, ujungnya agak menguncup. Sa’at masih muda kulit buah jeruk nipis berwarna hijau dan semakin tua mula menguning.


CARA MENANAM JERUK NIPIS

 >  Siapkan Bibit Tanam jeruk nipis
Dapat dikembangbiakan dengan dua cara, yang pertama dengan cara vegetatif ( cangkok ) dan cara  generatif ( biji )

       >  Pnyiapan Lahan
Pada dasarnya penyiapan lahan jeruk nipis tidak jauh berbeda dengan tanaman lainya, keadaan tanah selalu bersih dari rumput liar

       >  Area Tanah Yang Subur
Untuk mengetahui subur tidaknya tanah bisa dilihat dari tanaman yang ada disekitarnya

       >  Pembuatan Lubang Tanam
Agar lebih subur, sebelum ditanami bibit jeruk nipis akan lebih baik lubang tanam terlebih dahulu diberi pupuk dasar dari pupuk kandang

       >  Perawatan
Setelah masa tanam sudah dilakukan, yang perlu dilakukan dan diperhatikan adalah perawatan pohon jeruk nipis. Untuk menjaga kesegaran pohon, siram air setiap pagi. Jika kedaan musim panas lakukan pagi dan sore hari. Bersihkan rumput yang ada disekitar pohon jeruk nipis dan jangan lupa beri pupuk saat tanaman pohon sudah besar dengan menggunakan pupuk urea 

       >  Pemanenan
Pada umumnya masa siap panen untu jeruk nipis adalah sekitar 8 bulan.

HARGA PASAR JERUK NIPIS

Jeruknipis bisa didapat di toko-toko sembako dan juga bisa didapatkan langsung dari pasar tradisional maupun di swalayan. Informasi harga jeruk nipis yang kami dapatkan pada normalnya adalah Rp 19.000 per Kg dan pada bulan februari 2018 naik daun hingg Rp 28.000 – Rp 30.000 per Kg. Di karenakan pasokanya berkurang dari biasanya. Sangat jauh bila dibandingkan dengan didesa yang harga per Kg adalah Rp 10.000.

KANDUNGAN JERUK NIPIS

Jeruk nipis memiliki banyak sekali kandungan yang baik yaitu Limonen, Linalin asetat, Genaril asetat, asam sitrat, Vitamin C, fosfor, Vitamin B1, Zat besi, fellandren dan sitral.
KHASIAT JERUK NIPIS UNTUK KESEHATAN
Jeruk nipis memiliki berbagai manfaat untuk kehidupan manusia, tidak hanya sebagai penyedap masakan saja akan tetapi jeruk nipis juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti dibawah ini

  √   Mengobati Demam
petiklah daun jeruk nipis sebanyak 4  buah, rebus dengan air 500 mili, gunakan air rebusan daun jeruk nipis untuk mengompres dahi seorang yang sedang demam

  √  Mengobati Batuk
Petiklah satu buah jeruk nipis yang sudah tua, peras sampai airnya keluar satu sendok teh dan campur dengan kecap, minum 3 kali sehari sampai batuknya sembuh.

  √  Mengobati Flu
Untuk mengobati flu cukup dengan meminum wedang jeruk nipis ( jeruk nipis hangat )

  √  Menghentikan Kebiasaan Merokok
Untuk para perokok yang ingin berusaha menghentikan kebiasaan merokoknya bisa dengan menggunakan jeruk nipis ini dan bisa langsung dicoba. Isaplah sepotong jeruk nipis, rasanya yang asam segar akan mendorong anda untuk minum air putih, lakukan 3 kali sehari. Cara ini juga membantu membersihkan nikotin yang menempel pada gigi dan mulut.

  √  Membantu Mengurangi Bau Ketiak
Untuk para pemuda yang kurang percaya diri dan terganggu dengan bau ketiak janganlah risau, jeruk nipis bisa membantu masalahmu  dengan cara jeruk nipis dicampur dengan kapur sirih, setelah mandi usapkan campuran ini pada ketiak, biarkan kurang lebih 5 menit lalu basuh dengan air, lakukan metode ini pagi hari dan sore hari.

Untuk Kesehatanmu Baca Juga
 "cabai untuk kesehatan dan mengobati penyakit lambung"
"bawang putih untuk mencegah kangker dan bisa untuk kecantikan wajah"

PRODUK OLAHAN JERUK NIPIS

Berbagai macam kuliner yang melibatkan jeruk nipis sebagai penyedap dan pelezat rasanya dari minuman dan makanan tetaplah tidak akan meninggalkan jeruk nipis untuk digunakan sebagai pelezat dan penyedap. Berikut beberapa contoh olahan jeruk nipis yang bisa anda coba dirumah.

      >  Wedang Jahe Hangat
Untuk membuat wedang jeruk hangat tidaklah sulit cukup dengan menyiapkan hal sebagai berikut
- 1 buah jeruk nipis
- gula pasir 2 sendok (sesuai selera)
- air hangat
masukan gula pasir kedalam gelas, belah jeruk nipis menjadi dua bagian, peras jeruk nipis kedalam gelas (sesuai kebutuhan, jika suka kecut bisa menmeras 2 bagian), tuangkan air hangat kedalam gelas lalu aduk sampai gulanya halus dan wedang jeruk nipis siap diminum.

      >  Jeruk Nipis Campuran Minuman
Jeruk nipis biasa dicampurkan kedalam minuman agar rasa minuman tersebut bisa menjadi lebih segar dan memiliki khasiat lebih untuk kesehatan. Beberapa minuman yang biasa ditambahi dengan jeruk nipis adalah teh hangat jeruk nipis, teh madu jeruk,teh sere jeruk nipis, es buah jeruk nipis, jus buah + jeruk nipis dan masih banyak lagi olahan minuman yang biasa dicampur dengan jeruk nipis.

      >  Sambal Jeruk Nipis
Olahan jeruk nipis yang selanjutnya adalah sambal jeruk yang sangat legendaris di pulau jawa yang paling disukai oleh semua kalangan baik dari anak-anak hingga dewasa pun menyukai olahan yang satu ini yaitu sambal jeruk pecel, berikut cara membuatnya


- 1 buah jeruk nipis
- cabai 5 buah
- garam sepucuk sendok
- bawang putih 1 siung
- bawang merah 2 buah
- terasi secukupnya

Masukan cabai, bawang putih, bawang merah dangaram terlebih dahulu kedalam cobek, ulek hingga halus, jika sudah halus masukan terasi yang sudah dipanggang, ulek hingga terasi tercampur dengan semua bahan awal tadi, setelah semua selesai tinggal jeruknya di belah dua bagian, cuci hingga bersih, 1 bagian peras kedalam sambal dan satu bagian lain iris tipis-tipis untuk dijadikan lalapan, sambal siap untuk dinikmati.

BACA JUGA
olahan ikan gabus yang dipadukan dengan jeruk nipis 
ikan lele dan sambal jeruk nipis yang legendaris