SUKA MAKAN IKAN GABUS? ini INFO yang belum Kamu ketahui



 

SUKA MAKAN IKAN GABUS? ini hal yang belum Kamu ketahui

resep ikan gabus
suka ikan gabus
suka makan ikan gabus, Ikan gabus atau orang jawa biasa menyebutnya dengan sebutan (iwak kutok) adalah sejenis ikan predator yang yang sangat buas (carnivore yang bersifat pemakan segala yang redator). Ikin ini sangat di takuti oleh pembudidaya ikan karena favorit dari ikan gabus adalah benih-benih ikan yang di budidaya. Selain menjadi pemangsa ikan benih, ikan gabus juga menjadi predator alam air seperti serangga air dan ikan-ikan dewasa lainya. Ikan gabus merupakan ikan asli yang bersala dari indonesia yang hidup di perairan tawar seperti sungai, rawa, danu dan perairan tawar lainya. Populasi dari iwak kutuk ini semakin berkurang dan di tambah lagi manfaat yang terdapat dalam ikan gabus ini sangatlah banyak sehingga banyak sekali masyarakat yang mengkonsumsi ikan ini, maka dari itu budidaya ikan gabus ini sangat perlu untuk di kembangkan. ada banyak sekali resep ikan gabus yang bisa di gunakan untuk memasak, Ikan gabus memiliki banyak sekali manfaat seperti pengobatan dan yang lainya.

*CIRI-CIRI IKAN GABUS
Ikan gabus memiliki kepala yang berukuran besar dan mirip dengan kepala ular, tubuhnya berwana gelap, hitam kecoklatan. Memiliki mulut yang besar dan gigi yang tajam. Memiliki tekstur daging yang lembut.

*CARA MENANGKAP IKAN GABUS
Ikan gabus terdapat di pasar pasar dan kita bisa langsung membeli dan mengonsumsinya, akan tetapi untuk mancing ikan gabus ini atau cara menangkap ikan gabus ini sangatlah banyak, berikut beberapa cara untuk menangkap ikan gabus.

a.      Memancing ikan gabus
Untuk memancing ikan gabus di perlukan kesabaran yang tingkat tinggi karena memang jarang sekali ikan gabus memakan umpan, akan tetapi tergantung lokasi pemancingan dari ikan gabus ini. Umpan yang baisa digunakan untuk memancing ikan gabus adalah cacing, serangga, ulat pohon pisang, jangkrik dan masih banyak lagi umpan yang bisa digunakan untuk memancing ikan gabus ini.

b.      Jebakan bambu ( wuwu )
Metode penangkapan ikan gabus kali ini adalah metode yang biasa digunakan untuk menangkap ikan lainya. Metode wuwu ini adalah menggunakan bambu yang dirakit khusus untuk menjebak ikan agar masuk kedalam perangkap bambu yang sudah di isi dengan umpan. cara kerjanya adalah wuwu di pasang di aliran air sungai atau rawa berlawanan arah dengan aliran sungai, ikan berenang mengikuti aliran air singai dan masuk kedalam perangkap bambu. setelah perangkap ikan penuh dengan ikan maka bisa diangkat kembali untuk di ambil isinya. Itulah beberapa cara untuk menangkap ikan gabus dan sebenernya itu masih banyak cara yang lain, dan di setiap daerah memiliki cara dan nama masing-masing. SILAHKAN MENCOBA

*PEMBUDIDAYAAN IKAN GABUS
Ikan gabus memiliki banyak manfaat baik dari segi konsumsi dan juga pengobatan, sehingga ikan gabus banyak dicari oleh masyarakat dan populasinya semakin menurun. Maka sangat perlu untuk dilakukan pembudidayaan ikan gabus. Hal-hal yang perlu di perhatikan dalam pembudidayaan ikan gabus abtara lain 
-          Tempat pembudidayaan ikan gabus
-          Indukan Ikan Gabus yang Produktif
-          Pemijahan dan Penetasan
-          Perawatan Larva Ikan Gabus
-          Pembesaran Ikan gabus





*HARGA PASAR IKAN GABUS
Ikan gabus sudah tidaklah asing lagi untuk masyarakat, dari rasanya yang lezat dan mengandung banyak gizi dan cara mendapatkanya terbilang cukup mudah, biasa terdapat di pasar-pasar dan toko-toko lainya. Harga beli ikan gabus sangat bervariasi dari segi ukuran dan jenisnya tergantung daerah masing-masing. Untuk pasar-pasar pada umumnya secara garis besar ikan gabus yang dijual dengan harga sebagai berikut :
-          Ikan gabus hidup         : 50.000 /Kg
-          Ikan gabus asap          : 90.000 500 gram
-          Ikan gabus giling         : 60.000 /Kg
-          Bibit ikan gabus          : 375 /ekor
Informasi harga pasar yang di ambil pada tanggal 23 Januari 2018

*CARA MENGOLAH IKAN GABUS UNTUK DIMAKAN
suka makan ikan gabus yang lezat dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kan? berikut beberapa resep ikan gabus yang bisa di coba
-          Keluarkan isi perut ikan gabus dengan menggunakan pisau
-          Bersihkan sisiknya
-          Cuci hingga bersih
-          Siapkan wajan penggorengan yang sudah dikasih minyak
-          Lumuri ikan menggunakan bumbu
-          Hidupkan kompor dan panaskan minyak
-          Goreng ikan sampai berubah menjadi warna kecoklatan
-          Angkat ikat gabus dari penggorengan dan tiriskan
-          Ikan gabus sudah siap di konsumsi

*FUNGSI IKAN GABUS UNTUK PENGOBATAN
Selain menjadi sumber perokonomian, ikan gabus juga memilik banyak sekali manfaat dalam kesehatan diri kita. Untuk itu berikut beberapa ulasan dari manfaat ikan gabus untuk pengobatan.
 
-          Mempercepat penyembuha luka
-          Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh
-          Memberikan kesehatan unruk pencernaan
-          Memperbaiki penderita gizi buruk
-          Meningkatkan daya tahan tubuh
-          Melancarkan fungsi reproduksi pria
-          Memperkuat plasenta bayi
-          Meningkatkan kekuatan tulang
-          Mencegah berbagai jenis kangker
Dan masih banyak lagi manfaat dari ikan gabus ini untuk tubuh kita.

  baca juga -ikan lele untuk kesehatan
Terimakasih sudah berkunjung di blog kami, semoga informasi tentang resep ikan gabus, pembudidayaan dan penjualanya bisa bermanfaat untuk anda semua. suka makan ikan gabus kan?
SUKA MAKAN IKAN GABUS? ini hal yang belum Kamu ketahui

10 komentar:

Kang Office said...

sangat bermanfaat gan, saya baru tau ikan gabus bisa di buat pengobatan terimakasih infonya sangat bermanfaat

s a y said...

iya gan. semoga bisa membantu dii kemudian hari

Unknown said...

Bagus dan sangat bermanfaat

s a y said...

Iyah makasih . Dibawah juga masih banyak yang bermanfaat. Silahkan di baca juga

Okeh said...

Makasih ini sangat menambah wawasan gan

s a y said...

Iya gan sama sama. Masih banyak hal baru yang akan di posting dan lebh MANFAAT. Silahkan follow blog ini gan. Kalo gak subscribe

Yusf said...

Sangat bermanfaat. Mksh gan. Ditunggu artikel selanjutnya.

s a y said...

Siap gan. Buka juga artikel lainnya.

Unknown said...

Jos kak

s a y said...

Siap gan. Baca lainnya juga ya